Depan  •  Berita  •  BALAI LATIHAN KERJA: Banyak BLK Melempem Kembangkan SDM

BALAI LATIHAN KERJA: Banyak BLK Melempem Kembangkan SDM

Berita  |   |  30 May 2014   

JAKARTA – Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Andi Gani Nena Wea mengatakan BLK yang ada di tingkat daerah maupun pusat harus mampu mengembangkan kemampuan tenaga kerja lokal, dapat dijadikan sesuai kebutuhan sektoral.

“Saat ini banyak BLK yang belum mampu mengembangkan kemampuan . Dan sekarang, peningkatan mutu lulusan BLK perlu ditingkatkan,” kata Andi.

Direktur Jenderal Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas Kemnakertrans Khairul Anwar mengatakan pada 2014, lulusan BLK hanya ditarget sebanyak 80.000 orang atau berkurang sebanyak 20% jika dibandingkan dengan periode tahun lalu.

Pada tahun lalu, BLK mampu meluluskan sebanyak 100.000 lulusan yang siap kerja. “Sesuai proyeksi, tahun ini jumlah lulusan akan sedikit menurun lantaran minimnya dana pelatihan di BLK,” katanya tanpa menyebut anggaran pelatihan 2014.

Kemenakertrans Gandeng UNDIP

Bersamaan dengan itu Kemenakertrans dan Universitas Diponegoro Semarang sepakat menjalin kerjasama peningkatan kualitas calon pekera dan transmigran di Tanah Air.

Kesepakatan tersebut ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman Bersama Menakertrans Muhaimin Iskandar dan Rektor Universitas Diponegoro Sudaharto P Hadi.

“Kami sepakat untuk meningkatkan kemampuan dalam menghasilkan lulusan pendidikan tenaga kerja berkualitas saat persaingan pasar kerja nasional dan internasional,” kata Muhaimin dalam siaran persnya, Minggu (4/5/2014).

Secara umum, Muhaimin meminta kepada perguruan tinggi agar tidak hanya mampu menyiapkan lulusan dari sisi akademis. “Namun juga memiliki keterampilan dan kompetensi kerja serta penguasaan bahasa asing yang memadai.”

Bisnis.com (4/5/2014)

Diskusi Kosong

Nama *

Email *

Website

Gunakan kode HTML blockquote, b, a, ul, ol, dan li jika ingin mempercantik komentar.