Depan  •  Berita, Galeri, Liputan  •  Gertak Apindo, Ahok senang 90 perusahaan hengkang

Gertak Apindo, Ahok senang 90 perusahaan hengkang

Berita Galeri Liputan  |   |  01 Apr 2013   

Sindonews.com – Aksi eksodus besar-besaran yang akan dilakukan perusahaan besar di Jakarta di jawab Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dengan menggertak kembali para pengusaha tersebut dengan ucapanya “justru di untungkan” oleh hengkangnya para pengusaha itu. Pasalnya, penduduk DKI yang berasal dari buruh lintas provinsi akan berkurang.

“Kita justru merasa beruntung. Soalnya, penduduk DKI yang berasal dari buruh lintas provinsi akan berkurang,” ujar Ahok, di Balai Kota DKI, Jakarta, Selasa (19/3/2013).

Lebih jauh Ahok menjelaskan, kenaikan UMP yang terasa drastis hingga mencapai 40% dengan besaran sekitar RP2,2 juta, dinilai karena ulah pemerintah sebelumnya yang terus menekan upah buruh.

Dari itu, dia meneruskan, banyak pengusaha yang khawatir kenaikan itu akan terus terjadi dari tahun 2013 hingga tahun 2014. Kekhawatiran itu menurut Ahok, tak beralasan sama sekali, karena sebenarnya kenaikan itu dilatarbelakangi oleh kenaikan inflasi. Jika kenaikan inflasi sebesar 10%, maka kenaikan UMP tahun 2014 tetap 10%, bukan 40%.

“Tidak ada alasan. Berarti nanti 2013 ke 2014 juga naik 40 %?, bukan itu dasarnya. Tergantung inflasi kita, tergantung KHL 2013 berapa. Itu kami proyeksikan untuk 2014. Jika inflasinya hanya dibawah 10%, berarti kenaikan di 2014 sekitar 10%, bukan 40% lagi, gitu lho,” paparnya.

Ahok mencontohkan, jika perusahaan itu akhirnya pergi ke kota lain misalnya Jawa Tengah, menurut dia, maka orang Jawa Tengah yang ingin ke Jakarta berkurang, dan kemudian dirinya tidak pusing-pusing untuk mengatur KHL dan tempat tinggal bagi mereka lagi.

“Berarti orang Jawa Tengah yang ke Jakarta berkurang. Mereka biasanya untuk kerja buruh di bawah KHL. Ya jangan ke Jakarta Karena kalau ke Jakarta, saya jadi sakit kepala juga. Kamu pasti sewa gubuk derita lagi,” pungkasnya kepada awak media di Balai Kota.

Diskusi Kosong

Nama *

Email *

Website

Gunakan kode HTML blockquote, b, a, ul, ol, dan li jika ingin mempercantik komentar.