Depan  •  Berita  •  Kadin himbau pembenahan kualitas SDM nasional

Kadin himbau pembenahan kualitas SDM nasional

Berita  |   |  02 Jun 2013   

Jakarta – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menghimbau kepada semua pihak khususnya pemerintah untuk melakukan pembenahan kualitas sumber daya manusia (SDM) untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja nasional.

“Saat ini diperlukan pelatihan-pelatihan yang spesifik untuk memenuhi pasar kerja, terutama bagi tenaga kerja kurang terdidik untuk meningkatkan kompetensinya,” kata Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Tenaga Kerja, Benny Soetrisno, di Jakarta, Rabu.

Benny mengatakan, peningkatan kualitas tenaga kerja tersebut perlu adanya penerapan sistem pengembangan tenaga kerja berbasis kompetensi yang meliputi pengembangan standar kompetensi, pengembangan kurikulum berbasis kompetensi dan pengembangan sertifikasi kompetensi.

“Selain itu, rekomendasi lainnya adalah untuk mempercepat penerapan sistem pengembangan tenaga kerja berbasis kompetensi diperlukan dukungan insentif fiskal,” kata Benny.

Ia menambahkan, selain hal tersebut, pihaknya juga mengharapkan adanya upaya perbaikan hubungan industrial yang lebih kondusif karena terkait dengan masalah tuntutan pekerja terhadap upah minimum.

“Perlu adanya penataan kembali sistem pengupahan yang lebih adil dan berkelanjutan bagi dunia usaha dan saling menguntungkan antara pengusaha dan pekerja,” kata Benny.

ANTARA News (29/5/2013)

Diskusi Kosong

Nama *

Email *

Website

Gunakan kode HTML blockquote, b, a, ul, ol, dan li jika ingin mempercantik komentar.