Depan  •  Berita  •  LPK MANDIRI: Pemerintah Fokus Garap Tenaga Kerja Garmen

LPK MANDIRI: Pemerintah Fokus Garap Tenaga Kerja Garmen

Berita  |   |  31 Jan 2015   

JAKARTA — Kementerian Ketenagakerjaan tengah melakukan pemetaan terhadap lembaga pelatihan kerja (LPK) yang dikelola secara mandiri oleh masyarakat untuk dikembangkan sehingga bisa menjadi penyedia tenaga kerja.

Rencananya, LPK tersebut akan didorong untuk mencetak tenaga kerja sektor tekstil dan garmen sesuai dengan kebutuhan industri.

Peran LPK sangat diharapkan mengingat kebutuhan penyediaan tenaga kerja menurut Anwar tidak akan bisa dipenuhi jika hanya mengandalkan balai latihan kerja (BLK).

“Kalau mengandalkan BLK pemerintah kapasitasnya terbatas. Tugas kami adalah meningkatkan kapasitas LPK dengan menyiapkan instruktur dan memberikan subsidi pelatihan melalui pemberian program,” kata Dirjen Pembinaan dan Pelatihan Tenaga Kerja Kementerian Ketenagakerjaan Khairul Anwar, Rabu (21/1/2015).

Namun Anwar  meminta keterlibatan penuh dunia usaha untuk menyukseskan program pelatihan ini. Menurutnya, standarisasi tenaga  kerja harus ditentukan oleh pelaku usaha dengan menyesuaikan dengan kebutuhan industri di Tanah Air.

“Jadi kami akan menyinkronkan antara permintaan dan suplai yang ada.”

Bisnis.com (22/1/2015)

Diskusi Kosong

Nama *

Email *

Website

Gunakan kode HTML blockquote, b, a, ul, ol, dan li jika ingin mempercantik komentar.