Depan  •  Berita  •  Sofjan Wanandi: Setiap Tahun Orang Nganggur di Indonesia Tambah 1 Juta

Sofjan Wanandi: Setiap Tahun Orang Nganggur di Indonesia Tambah 1 Juta

Berita  |   |  31 Jan 2014   

Jakarta -Pengangguran di Indonesia masih cukup tinggi. Salah satu penyebabnya adalah tingkat pendidikan masyarakat yang rendah. Selain itu, minimnya lapangan kerja di Indonesia membuat masyarakat sulit dapat kerja.

“Masyarakat kita rata-rata usianya 26-27 tahun, ini jadi malapetaka kalau mereka nggak dapat pekerjaan. Satu-satunya yang dapat menyelamatkan yaitu investasi,” ujar Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sofjan Wanandi saat acara Indonesia Investor Forum 3 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Rabu (22/1/2014).

Sofjan menyebutkan, saat ini ada sekitar 8 juta penduduk Indonesia yang menganggur, dan 40 juta orang Indonesia yang setengah menganggur.

“Pekerja di Indonesia kebanyakan di sektor informal 65%, 35% formal. Kalau di dunia itu 70-80% sektor formal, kita terbalik,” terang dia.

Masih banyaknya pengangguran ini, kata Sofjan, juga berkaitan dengan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang sulit mencapai angka di atas 6%, sehingga sulit mengatasi tingginya jumlah pengangguran di Indonesia.

“Jadi 2,5 juta orang Indonesia butuh kerjaan tiap tahun. Kalau Indonesia hanya tumbuh 6%, artinya pemerintah hanya bisa menyerap 1,5 juta kerjaan, sehingga tiap tahun 1 juta orang nggak bisa dapat kerjaan, itu dari sektor informal kebanyakan akhirnya demo-demo,” jelas dia.

Untuk itu, Sofjan menilai pemerintah perlu mendorong peningkatan investasi agar mampu menciptakan lapangan pekerjaan yang luas.

“Pemerintah nggak bisa investasi karena banyak buat subsidi. Tahun ini banyak subsidi seperti BBM, tahun ini subsidi Rp 50 triliun untuk SJSN (sistem jaringan sosial negara) saja, jadi ini masalah subsidi yang bermasalah. Belum lagi subsidi desa Rp 1,4 miliar tiap desa, kita punya 72 ribu desa. Jadi pemerntah tidak bisa kita andalkan lagi,” cetusnya.

detikfinance (22/1/2014)

Diskusi Kosong

Nama *

Email *

Website

Gunakan kode HTML blockquote, b, a, ul, ol, dan li jika ingin mempercantik komentar.