Depan  •  Berita  •  Yudhoyono: TKI bagian penting diaspora Indonesia

Yudhoyono: TKI bagian penting diaspora Indonesia

Berita  |   |  26 Aug 2014   

Jakarta – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menegaskan warga negara Indonesia yang bekerja di luar negeri merupakan bagian penting dari diaspora Indonesia, dan pemerintah terus melindungi kepentingan dan keselamatan tenaga kerja Indonesia.

“TKI merupakan bagian penting dari diaspora Indonesia, dan perlindungan TKI sebagai pahlawan devisa merupakan prioritas dalam diplomasi Indonesia,” kata Presiden dalam pidato kenegaraan di Gedung DPR/MPR/DPD RI Jakarta, Jumat.

Presiden mengatakan warga negara Indonesia di luar negeri tidak saja dipengaruhi oleh kerentanan kondisi kerja, namun juga oleh instabilitas politik dan bencana alam. Pada tahun 2013, tidak kurang dari 40.000 WNI di luar negeri telah diselamatkan kembali ke Tanah Air dari berbagai situasi yang mengancam keselamatannya.

“Di samping itu, melalui upaya hukum, selama tiga tahun terakhir kita telah menyelamatkan setidaknya 190 orang yang terancam hukuman mati. Perlu saya tegaskan di sini bahwa perlindungan WNI khususnya TKI di luar negeri dilaksanakan tidak saja melalui pendampingan hukum, tetapi juga dilakukan sampai pada tingkat tertinggi,” tegasnya.

Ia mencontohkan,”misal, saya telah beberapa kali melayangkan surat pribadi selaku Presiden RI kepada beberapa kepala negara dan pemerintahan untuk pembebasan, pengurangan atau penundaan hukuman mati bagi WNI.”

“Pendek kata, diplomasi bebas aktif akan selalu mengabdi pada kepentingan nasional, akan selalu berupaya memajukan perdamaian dan kerja sama internasional, dan akan selalu berjuang melindungi warga kita di luar negeri,” demikian kata Kepala Negara.

ANTARA News (15/8/2014)

Diskusi Kosong

Nama *

Email *

Website

Gunakan kode HTML blockquote, b, a, ul, ol, dan li jika ingin mempercantik komentar.